Sabtu, 22 September 2012

Tips Bimbingan Skripsi




Berbagai tantangan harus dihadapi untuk menjadi sarjana. Banyak mahasiswa yang mengatakan bahwa tantangan terbesar adalah ketika dalam proses penulisan skripsi. Namun, kita bisa menyiasatinya, sehingga bimbingan skripsi bisa jadi lancar.

Skripsi Lancar
Memilih tema, menentukan judul, sampai membuat outline jadi aspek penting saat membuat skripsi. Supaya nggak terjebak dan bingung sendiri, jangan sungkan minta bantuan dosen pembimbing.

Usahakan untuk memilih waktu di sela-sela jam mengajar beliau–walaupun sebentar, supaya kita nggak ketinggalan jauh. Mesti rela juga tahan lapar kalau dosen memberi waktu bimbingan saat waktu makan siang. Namanya juga kita yang butuh, apapun harus rela dikorbankan, dong?

Ambil Hati Dosen
Susahnya ketemu dosen–apalagi kalau beliau terkenal killer. Ajak beliau untuk memberi bimbingan skripsi di kafe, jangan lupa traktir segelas kopi dan kue. Suasana santai bikin dosen lebih nyaman memberikan bimbingan skripsi, kita juga nggak akan segan-segan untuk berkonsultasi.

Gunakan Teknologi
Saat ini bimbingan skripsi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mahasiswa tidak harus bertatap muka secara langsung tetapi bisa juga menggunakan media elektronik untuk berkomunikasi seperti handphone dan internet.
Jadi mahasiswa dapat melakukan bimbingan skripsi melalui sms, telepon atau chatting di internet. Selain itu, untuk menghemat pengeluaran, terutama untuk menekan biaya yang digunakan untuk mengeprint draft skripsi, mahasiswa dapat mengirimkan file skripsi mereka melalui email. Namun tentu saja tidak semua dosen pembimbing bersedia memberikan bimbingan dengan cara tersebut. Anda harus pandai-pandai melobi dosen anda untuk mempermudah penyelesaian skripsi anda.

Siapkan Materi
Untuk memperlancar proses penyusunan skripsi anda, pada saat bimbingan skripsi anda harus siap dengan materi yang akan anda konsultasikan, serta perkembangan dari hasil kerja anda.
Jangan sampai anda datang ke dosen pembimbing anda tanpa membawa materi apapun. Tentu saja dosen anda bisa marah besar. Agar bimbingan skripsi anda efektif, anda dapat membuat janji dengan dosen pembimbing minimal tiga kali seminggu. Anda harus bisa menunjukkan bahwa anda bersungguh-sungguh dalam mengerjakan skripsi anda. Semakin sering anda melakukan bimbingan skripsi, maka akan semakin cepat pula proses penyusunan skripsi anda.

Anti Cemas
Skripsi hampir beres, sidang skripsi tinggal selangkah lagi, nih. Daripada cemas sampai nggak bisa tidur, segera konsultasi dengan dosen pembimbing. Tanyakan seperti apa jalannya sidang skripsi dan apa saja yang harus dipersiapkan–mulai dari materi skripsi, fisik, sampai mental. Jangan lupa minta dukungan dari beliau yang saat sidang nanti juga akan mendampingi kita. Jika saat sidang nanti kita mentok dan nggak bisa menjawab, beliau pasti turun tangan, deh. (*/hijrah) 


sumber:http://padangekspres.co.id/?news=berita&id=24647

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More