Kamis, 04 November 2010

Pengertian Voice over Internet Protocol (VoIP)

Terdapat banyak protocol yang dimungkinkan ada pada jaringan IP (Internet Protocol), diantaranya: protokol untuk signalling, yaitu H.323 dan SIP (Session Initation Protocol), kemudian protokol untuk mengontrol gateway, yaitu MGCP ( Media Gateway Control Protocol). Begitu pentingnya signalling pada jaringan Internet Protocol, yakni agar memberikan kemudahan operasi dan level fungsi yang maksimal.

Media telekomunikasi internasional Telkom Global 017 dalam melakukan sambungan langsung internasionalnya menggunakan Internet Protocol H.323, dari segi kualitas layanan H.323 memiliki admission control yang berfungsi untuk mengontrol apakah jaringan cukup untuk melakukan sambungan langsung internasional.


Jumlah pengguna internet yang sangat banyak dengan pertumbuhan pesat, maka admission control dari suatu protokol menjadi sebuah persyaratan yang sangat penting, karena akan berpengaruh pada skalabilitas Internet Protocol tersebut, yakni kompleksitas, lokasi endpoint, pemrosesan server, komunikasi interserver dan komunikasi multipoint.


H.323 adalah protokol yang sangat kompleks, karena merupakan protokol untuk berkomunikasi secara multimedia yang berbasis paket, sehingga berbeda dengan protokol-protokol lain yang berada dibawahnya, yakni memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda. Beberapa jenis layanan juga membutuhkan interaksi dan koordinasi antara sub-sub protokol yang akan menambah kompleksitas H.323.


Pada umumnya terdapat lima fase yang terjadi pada operasi dasar H. 323, yakni

Fase 1: inisialisasi call

Fase2 : pembangunan kanal call

Fase 3: permulaan dari call yang dilakukan

Fase 4: percakapan

Fase 5 : penutupan call


Protokol yang baik harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan fungsi-fungsi yang dimilikinya. H.323 menggunakan filed NonStandardParam di ASN.1 untuk mengembangkan fitur-fiturnya. Pada protokol H.323 seluruh fitur yang ada dapat dintegrasikan satu sama lainnya, sehingga memudahkan untuk melakukan akses telekomunikasi internasional.


Sesuai dengan pesatnya kemajuan teknologi di bidang telekomunikasi, protokol H.323 merupakan solusi sistem signalling yang mampu memberikan fasilitas-fasilitas yang lebih lengkap daripada sistem signalling lainnya. H.323 didefinisikan sebagai tipe signalling multi fungsi yang memungkinkan untuk membawa seluruh data informasi, seperti voice yang dapat dikontrol melalui network signalling.


Protokol H.323 terus dikembangkan dengan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang dimilikinya. Pengembangan juga dimaksudkan untuk mengantisipasi kebutuhan pelayanan mutu dan jenis layanan para pelanggan sambungan langsung internasional Telkom Global 017 ini. Meskipun tergolong baru, namun dengan kemudahan dan kesederhanaan akan lebih membuat teknologi ini mudah digunakan dan dikembangkan.


Telkom Global 017 menggunakan sarana VoIP (Voice over Internet Protocol) H. 323 untuk sambungan langsung internasionalnya ini, tentu saja dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya, dapat membantu proses komunikasi antara pihak komunikator untuk menyampaikan pesan kepada pihak komunikan agar tercipta sebuah komunikasi yang efektif, dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

1 komentar:

makasih ya info artikel nya.., lumayan wat nambahin konten skripsi. :)

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More