Sabtu, 30 Oktober 2010

Sejarah Website

“World Wide Web atau website adalah sebuah sistem untuk menjajaki dan mencari informasi” (La Quey, 1997: 133). “Website adalah perpustakaan elektronik untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang diperlukan dengan tidak memerlukan banyak waktu untuk mencari data dan biaya yang diperlukan untuk mendapatkan data relatif lebih murah” (Tung, 1996: 12).

Website merupakan salah satu cara (fasilitas) bagaimana kita saling bertukar informasi. Web berisi informasi yang diinginkan dengan mengunakan perintah khusus dan program pencarian teks untuk menemukan informasi yang diinginkan. Salah satu keuntungan terbesar website adalah bahwa web merupakan sumber informasi superbesar yang mencakup berbagai topik yang berbeda. Dokumen-dokumen website saling terkait satu sama lain. File-file atau halaman-halaman saling terkait satu sama lainnya. Tetapi keuntungan ini dapat menjadi sebuah halangan, karena akan sulit untuk menemukan informasi spesifik untuk sebuah topik.


Website pertama kali dibuat pada tahun 1991 di CERN (European Particle Physics Laboratory atau Laboratorium Fisika Partikel Eropa), suatu lembaga bagi penelitian fisika energi-tinggi di Jenewa, Swiss. Tujuan semula untuk membantu para fisikawan di berbagai lokasi yang berbeda dalam bekerja sama (Browne,1996: 32).

Web dengan cepat berkembang ke luar lingkup masyarakat fisika energi-tinggi, karena itu CERN bermurah hati menyediakan teknologi WWW bagi masyarakat internet. Di awal tahun 1995, Laboratory of Computer Science di Massachusetts Institute of Technologi dan INRIA (French National Institute For Research in Computer Science and Control) membentuk International Worl Wide Web Consortium (Seringkali disebut WWWC atau W3C) untuk menangani perkembangan selanjutnya dari protokol dan perangkat lunak dengan keikutsertaan kelompok yang terkait pada masa depan web. Setelah publikasi web tersebut maka perkembangan web sangat pesat dan banyak digunakan oleh masyarakat luas ataupun perusahaan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More